image
image

Terkadang Kita Perlu Percaya Atau Melupakannya


Posted : | 2016/06/04

Pagi ini aku bangun dari tidurku. Bayangan-bayangan mimpi yang masih melekat di benakku. Entah kenapa akhir-akhir ini aku harus mengalami mimpi-mimpi yang terasa aneh.

Dalam mimpi itu aku dikejar-kejar oleh orang. Mimpi ini berulang-ulang dalam beberapa hari ini. Tapi kali ini ada sedikit perbedaan dari mimpi-mimpiku sebelumnya. Mimpi tadi lebih mengejutkan. Dalam mimpi itu aku dikejar-kejar oleh seorang kyai. Dan seperti biasanya, aku tertangkap. Dan akupun dimarahi oleh pak kyai itu. 
Dalam mimpi itu pak kyai memarahi aku dan mengingatkan atas apa yang aku lakukan selama ini. Pak kyai itu menanyakan tentang perbuatanku dan menanyakan kenapa aku mulai meninggalkan kitab yang dulu pernah aku pelajari. Kitab yang menunjukkan jalan syariat agama islam. 
Entah apa yang sebenarnya terjadi, dan kenapa aku harus mengalami mimpi-mimpi ini. Mimpi-mimpi yang berasa kenyataannya. Benar-benar seperti nyata. Mungkinkah ini sebuah petunjuk, atau mungkin ini hanyalah bunga tidur. Semoga menjadi sebuah petunjuk yang baik.
Tak kusadari dalam mimpi itu ternyata kyai itu adalah kyai yang sudah meninggal. Muncul berbagai tanda tanya dalam benakku.
CB