image

Merdeka : Kata Yang Tidak Asing


Posted : | 2017/08/16

Merdeka??? Saya bertanya-tanya.

Kamu bilang saya merdeka??? Saya masih kurang percaya.

Bagi saya merdeka belum pantas menjadi penghargaan buat saya. Merdeka adalah bebas, tapi bukan untuk membebaskan diri. Merdeka itu perjuangan yang terus berkelanjutan, bukan berhenti dan berdiam diri.

Kamu kata merdeka???

Siapa yang merdeka???

Tentang merdeka saya belum bisa mendefinisikannya, dia transparan tapi tak kelihatan.

Merdeka apa definisi merdeka??? Saya terus bertanya-tanya.

Saya tidak tahu apakah merdeka itu bahagia dengan kemeriahannya? Saya benar-benar tidak tahu, budayalah yang selalu menjawab semua pertanyaan dalam pikiran saya, bahkan tidak sedikit orang yang menganggap budaya sebagai definisi merdeka itu sendiri.

Merdeka apakah saya sudah merdeka?? Saya katakan "saya belum merdeka". Saya masih banyak mengemban tugas yang tersampaikan dengan tersirat. Ya saya katakan "saya belum merdeka" karena saya belum mampu melakukannya.

Apakah Indonesia Sudah Merdeka???

Ya.. Indonesia Sudah Merdeka Sejak 17 Agustus 1945. Tapi saya tidak yakin Individunya juga menyandang gelar merdeka.

Hmm saya benar-benar tidak tahu tentang hal itu, saya hanya mencoba mengamati, mengira, dan mendefinisikannya.

Apakah Indonesia Merdeka? Merdeka semoga merdeka.

CB