image
image

Peta Konsep yang Mulai Terabaikan


Posted : | 2018/11/20


Kita sering mengeluhkan tentang pikiran kita yang kadang tak menerima sebuah gagasan baru. Kita sering memusingkan diri sendiri karena malas untuk menerima sebuah pelajaran baru. Kita sering mengatakan bahwa kita tak bisa memahaminya padahal untuk membacanya pun enggan.

Namun sebenarnya kita telah melupakan peta konsep yang sebenarnya dulu pernah terpatri di dalam benak kita. Kita telah mengabaikan pohon konsep yang menjadi sumber dari setiap gagasan. Kita sudah enggan melihat sumber gagasan dan otak pun semakin panas di buatnya. Panas karena tak dekat dengan pohon, panas karena tak mendapatkan sejuknya angin spoi-spoi, panas karena enggan untuk berpikir.

Peta konsep adalah sumber dari ilmu. Untuk memahaminya kita perlu mendekatinya dan memperhatikan setiap cabangnya sampai ke ranting-rantingnya, bila perlu sampai akar-akarnya.

Peta konsep yang berisi gagasan bagaikan pohon yang semakin hari semakin membesar. Semakin banyak jumlah cabangnya, semakin banyak jumlah rantingnya, semakin tamnbah ukuran batangnya, semakin kuat dan semakin menyejukkan. Kita tak akan pernah menemukan ujung dari sebuah gagasan karena gagasan akan semakin tumbuh dengan adanya pemikiran-pemikiran yang dapat menambah ranting-ranting pengetahuan.

Peta konsep yang mulai terabaikan padahal adalah hal yang paling penting untuk di miliki sebelum mengkaji sebuah materi.
CB